Langsung ke konten utama

Aktivitas Agar Bisa Berpikir Cepat



Manusia adalah makhluk yang berpikir, hal tersesebutlah yang membuat manusia itu dikatakan sebagai makhluk Tuhan yang lebih baik daripada yang lain. Manusia tidak hanya dibekali nafsu, tapi juga dibekali organ untuk berpikir yang bernama otak. Bagi manusia, otak memiliki peranan penting karena merupakan pusat sistem saraf dari segala organ tubuh yang kita gerakan. Seandainya saja ada sesuatu yang buruk terjadi pada otak, maka akan mengganggu kinerja otak. Seperti misalnya tidak bisa berpikir cepat atau telmi, dan lain sebagainya.

Telmi atau telat mikir adalah salah satu gangguan kinerja otak yang sebisa mungkin harus kita hindari. Inilah mengapa sebisa mungkin kita harus terus mengasah otak kita, mengasah ketajaman dan kinerja otak kita agar bisa berfungsi dengan maksimal. Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan kerja otak kita. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa berpikir cepat.

Pertama adalah dengan memperbanyak kosakata. Pernah nggak sih kalian mengalami momen momen di mana kalian ingin mengatakan atau menggambarkan tentang sesuatu tapi tidak tahu kata yang tepat untuk menggambarkan sesuatu tersebut. Jika kalian pernah mengalami hal semacam itu, maka bisa saja kalian itu miskin kosakata. Jika kalian ingin bisa berpikir cepat, maka kalian harus bisa menambah koleksi kosakata di dalam otak kalian. Hal tersebut bisa kalian dengan berbagai macam cara seperti banyak membaca, baik itu fiksi maupun non fiksi, membaca surat kabar, mendengarkan berita, membaca buku kamus dan lain sebagainya. Seperti kata Albert Einsten, Orang yang terlalu banyak membaca dan terlalu sedikit memakai otak akan jatuh kepada kebiasaan malas berpikir.” Jika kalian bisa merutinkan kebiasaan semacam itu, maka kosakata kalian lambat laun akan bertambah.

Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan di dalam berpikir adalah cara terus menerus berlatih seni. Banyak sekali orang yang tidak memahami akan pentingnya sebuah seni bagi otak. Tidak sedikit sumber yang menyebutkan bahwa latihan kesenian bisa meningkatkan bagian untuk yang bertugas untuk mengekspresikan diri secara non verbal. Dengan seni, seseorang bisa lebih kreatif. Ia juga bisa memaksimalkan penggunaan motorik halus dan berpikir alaisitis dengan terus berkesenian. Jadi tidak ada salahnya bila kita menyukai seni, karena kesenian itu membantu kita bisa berpikir cepat.

Cara ketiga untuk melejitkan kemampuan berpikir adalah dengan memiliki banyak teman. Ketika kita hanya mengurung diri di kamar, maka otak kita tidak akan bekerja dengan baik. Berbeda kalau kita punya banyak teman, maka otak kita akan bekerja ekstra keras, mulai dari menghafal namanya, menghafal kebiasaannya, mengafal kenangan kita bersama mereka, menghafal apa yang mereka katakan beberapa hari yang lalu dan lain sebagainya. Seseorang yang punya banyak teman memang cenderung memiliki kemampuan untuk berpikir cepat, karena dia terus dilatih untuk me-recall atau memanggil kembali tentang berbagai macam data tentang teman temannya tersebut. Jika kalian tidak percaya dengan hal ini, silakan kalian coba sendiri. Bergaulah dengan banyak teman, hafalkan namanya, hafalkan kebiasaannya dan lain sebagainya.

Cara keempat yang bisa kita lakukan untuk kemampuan kita di dalam berpikir adalah dengan cara tidur yang cukup. Ketika kita tidur, sebenarnya ada proses toxic cleaning di dalam otak kita. Ketika kita sedang tidur, otak membersihkan otak kita dari berbagai pikiran buruk, rasa khawatir berlebihan, overthinking yang berlebihan, dan tentunya hal-hal semacam itulah yang dapat mengganggu kinerja otak. Kalau otak kita sudah sedikit lebih fresh, maka otak kita bisa menjalankan fungsinya untuk berpikir lebih cepat dan juga lebih kreatif.

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan di dalam berpikir adalah dengan terus mendengarkan lagu favorit kalian. Setiap orang pasti memiliki genre musik kesukaan dan lagu kesukaannya masing-masing. Tidak masalah apakah dia suka laku keroncong, dangdut, jazz, pop, rock dan lain sebagainya. Masalahnya dalam hal ini bukan genrenya, tapi lirik lagunya yang kita hafalkan. Semua orang pasti setuju bahwa ketika mendengarkan lagu secara berulang-ulang, maka secara tidak langsung kita sedang melatih otak kita untuk berpikir cepat. Kita bisa menghafal ketukan nadanya, kita bisa menghafal liriknya dengan cepat dari sebelumnya. Semakin banyak lagu yang kita hafalkan, maka akan kecepatan otak kita dalam berpikir pun akan semakin meningkat.

Demikian tadi beberapa cara yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak kita dalam berpikir. Jika kalian ingin tahu lebih banyak lagi tentang berpikir cepat dan berbagai usaha untuk meningkatnya, silakan saja dapatkan buku Berpikir Cepat, Berkata Hemat, Bertindak Hebat karya Era Findiani Untuk mendapatkannya, cara cukup mudah yaitu cukup klik saja di sini. Terima kasih sudah membaca artikel keren ini. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk kita semua. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berdamai Dengan Rasa Malas Untuk Bisa Lebih Produktif

  Sifat malas adalah sebuah batu besar yang bisa menghalangi tujuan seseorang untuk meraih kesuksesan. Inilah mengapa kita harus terus berusaha keras untuk bisa menghilangkan sifat malas. Masalahnya, banyak sekali orang yang suka menyiksa dirinya sendiri, yaitu membuat cita-cita yang tinggi kemudian bermalas-malasan, tidak ada usaha untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Perbuatan yang sedemikian itu sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Seperrti itulah dunia ini sekarang, makin lama makin b anyak juga orang yang tidak punya kemampuan untuk jadi kaya - karena terlalu malas, tidak tahu apa yang diinginkannya, atau bingung apa bakatnya. Kalau sudah seperti ini, maka kita benar-benar harus bisa berdamai dengan rasa malas itu sendiri. Tanamkan di dalam otak kita bahwa sifat malas itu sama sekali tidak ada gunanya. Sifat malas hanya mengantarkan kita kepada kehancuran. Perlahan lahan, sifat malas itu akan membunuh kita. Sekali kita memelihara sifat malas, maka kita akan cenderung mengang

Berdamai dengan Diri Sendiri, Semua Tak Seburuk yang Kamu Pikirkan

Ada yang bilang bahwa apa yang terjadi di dalam hidup kita, tergantung apa yang kita pikirkan. Jika apa yang kita pikirkan baik, maka bisa dipastikan yang akan terjadi di dalam hidup kita pun yang baik-baik saja. Tapi sebaliknya, jika yang kita pikirkan adalah yang buruk-buruk, maka yang akan terjadi dalam hidup kita pun adalah yang buruk-buruk. Inilah mengapa kita selalu diminta untuk berdamai dengan apa yang kita pikirkan, berdamai dengan diri sendiri dengan tidak terlalu memikirkan hidup ini secara berlebihan. Inilah mengapa sebagian besar dari overthinker atau orang-orang yang berlebihan dalam berpikir di hidupnya, tidak pernah bisa bahagia. Di dalam dunia psikologi, overthinking atau berlebihan dalam berpikir adalah sesuatu yang tidak dianjurkan. Bahkan, overthinking dianggap sebagai perbuatan yang justru merugikan diri sendiri. Bagi kalian yang tidak bisa berdamai dengan diri sendiri dan cenderung overthinking, berikut ini adalah kutipan yang harus kalian tanamkan di

Terapi Jiwa Untuk Sembuhkan Diri Dari Mental Illness

Menjaga kesehatan itu bisa kita lakukan dengan berbagai cara yang sangat komplik. Tidak selamanya, harus selalu dengan menjaga kesehatan badan kita. Memang, mandi dua kali sehari juga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan badan, tapi tidak untuk menjaga kesehatan jiwa kita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jiwa kita seperti selalu bersikap positif, selalu berpikir positif, bergabung dengan orang-orang yang bersikap dan berpikir positif, meditasi dan lain sebagainya. Namun selain cara-cara tadi, ada juga beberapa cara efektif lainnya untuk bisa menyembuhkan diri kita dari penyakit mental. Beberapa cara tersebut, sering kita sebut dengan terapi jiwa. Pertama adalah dengan terapi seni. Siapa bilang seni itu tidak bermanfaat untuk kesehatan jiwa kita? Berkesenian ternyata cukup membantu dalam releasing stress lho. Kita bisa melepaskan berbagai beban yang ada di hati dan pikiran kita melalui kesenian. Seperti misalnya seoran