Langsung ke konten utama

Berdamai dengan Rasa Marah dan Jangan Berprasangka Buruk

 



Marah adalah hal yang sangat wajar dan bisa dimaklumi di dalam diri manusia. Setiap orang bisa saja marah, kapan saja dan di mana saja. Tapi marah kepada orang yang salah, di tempat yang salah, tanpa alasan yang tepat dan dengan cara yang tepat, adalah bukan sesuatu yang wajar. Sebisa mungkin, kita harus bisa mengatasi overthinking dengan tidak mudah marah-murah. Kita harus bisa berdamai dengan rasa marah.

Hanya saja, sebagian orang beranggapan bahwa marah itu menunjukkan kekuatan kita. Semakin kuat seseorang, maka semakin kuat pula amarahnya. Mungkin kalimat tersebut berlaku untuk kehidupan di hutan rimba, tapi sebenarnya kalimat tersebut tidak berlaku untuk manusia. Kekuatan manusia bisa dilihat dari kemampuannya di dalam bersabar. Orang yang kuat itu bukanlah yang menang dalam gulat atau berperang, tetapi yang mampu mengendalikan hawa nafsunya ketika marah. Pola pemikiran seperti itulah yang seharusnya kita tanamkan untuk bisa mengatasi overthinking di dalam diri kita.

Berdamai dengan rasa marah bisa diartikan dengan sebuah usaha untuk mengendalikan amarah kita. Sebuah usaha yang tak mudah untuk merubah kita menjadi sosok yang lebih bijaksana, sosok yang tahu bagaimana cara mengatasi overthinking di balik semua peristiwa tidak mengenakkan yang terjadi di dalam hidup kita. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengendalikan amarah kita.

Pertama, berhentilah berprasangka buruk. Prasangka buruk merupakan salah satu bentuk dari serangkaian cara untuk mengatasi overthinking. Ketika kita merasa kecewa terhadap seseorang, pasti banyak sekali pikiran buruk yang melintas di pikiran kita tentang si orang tersebut. Semakin kita memikirkan si orang tersebut, maka akan semakin banyak lagi potensi kita merasa kecewa. Semakin besar pula amarah yang bergemuruh di dada. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk tidak berprasangka buruk kepada orang lain, terlebih mereka yang sudah mengecewakan kita.

Kedua, berusaha untuk tetap diam. Hal yang dipahami oleh sebagian besar orang adalah diam itu selalu identik dengan kekalahan. Diam membuat kita semakin direndahkan dan terhina. Jika orang terus menerus mempertahankan pola pikir seperti itu, maka sampai dinosaurus hidup lagi pun, mereka tidak akan bisa mengatasi overthinkingnya. Cobalah sesekali, hilangkan pola pemikiran semacam itu. Diam bisa menjadi salah satu bentuk cara kita berdamai dengan rasa marah. Setidaknya, ketika kita diam, kita tidak sedang menuruti ego kita untuk membalas kemarahan dengan kemarahan serupa. Setidaknya ketika kita diam, sebenarnya kita sedang mengirimkan sinyal kepada otak bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Ketiga, cobalah tinjau ulang kembali penyebab kamu marah. Hal yang jarang dilakukan oleh sebagian besar orang ketika marah adalah meninjau ulang permasalahan. Sebagian dari kita lebih mementingkan bagaimana caranya menyalurkan kekesalan kita, kekecewaan kita tanpa mau memikirkan penyebab lain di balik peristiwa tidak mengenakkan itu. Misalnya seorang wanita yang memarahi kekasihnya karena telat datang di malam mingguann. Padahal ada banyak faktor yang bisa saja menyebabkan keterlambatan itu, seperti hujan, kemacetan dan lain sebagainya. Untuk mengatasi overthinking, kita harus tahu bahwa kita tidak boleh terlalu curiga terhadap seseorang. Bisa saja ada alasan tertentu di balik sebuah kesalahan, baik itu kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Keempat, berpikirlah sebelum berkata-kata. Ketika kita sedang diselimuti rasa marah, maka seakan-akan hati kita ini bergemuruh, panas, seperti air mendidih. Di saat seperti itulah kita sering kehilangan kendali atau kontrol terhadap diri kita sendiri. Kita sangat mudah untuk terpancing emosi, dan sangat mudah pula untuk mengatakan sesuatu yang nantinya akan Anda sesali. Luangkan waktu sejenak untuk menenangkan pikiran sebelum kamu mengatakan apapun. Kendalikan hatimu, jangan biarkan oranglain memberikan komentar miring yang bisa membakar emosimu dan menggagalkan rencanamu untuk mengatasi overthinking di otakmu. Ketika semuanya benar-benar tenang, maka barulah kamu sampaikan apa yang ingin kamu sampaikan, tapi dengan catatan, katakanlah isi hatimu itu dengan selembut-lembutnya.

Kelima, tunjukkan kekecewaanmu dengan cara yang bijaksana. Setelah Anda tenang, ekspresikan kekecewaanmu dengan bijaksana. Jangan malu-malu dan ragu ragu untuk mengungkapkan rasa frustrasi dan kekecewaanmu dengan cara yang tegas, tapi tidak konfrontatif. Dengan demikian, rencanamu untuk mengatasi overthinking di otakmu bisa terlaksana tanpa harus menyakiti hati orang lain.

Keenam, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam. Tidak banyak orang yang tahu bahwa salah satu cara paling mudah untuk mengendalikan rasa marah adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Seorang dosen dari Saint Louis University, Amerika Serikat yang bernama Robert Nicholson, Ph.D menyatakan tubuh menjadi tegang saat kita marah. Ketika kita menarik nafas dalam-dalam, ada aliran udara yang mengalir ke otak kita, yang kemudian membuat kita bisa sedikit lebih tenang dari sebelumnya. Untuk mengatasi overthinking, kita tidak perlu harus bersusah-payah. Ada cara yang cukup sederhana dan mudah untuk mengendalikan amarah kita, seperti misalnya dengan menarik nafas dalam-dalam.

Demikian beberapa untuk bisa berdamai dengan rasa marah. Andai kita bisa mengatasi overthinking dan mengendalikan pikiran kita untuk tidak marah-marah. Jika kamu ingin tahu banyak tentang bagaimana cara berdamai dengan rasa marah, kalian bisa klik di sini. Terima kasih dan semoga bermafaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berdamai Dengan Rasa Malas Untuk Bisa Lebih Produktif

  Sifat malas adalah sebuah batu besar yang bisa menghalangi tujuan seseorang untuk meraih kesuksesan. Inilah mengapa kita harus terus berusaha keras untuk bisa menghilangkan sifat malas. Masalahnya, banyak sekali orang yang suka menyiksa dirinya sendiri, yaitu membuat cita-cita yang tinggi kemudian bermalas-malasan, tidak ada usaha untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Perbuatan yang sedemikian itu sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Seperrti itulah dunia ini sekarang, makin lama makin b anyak juga orang yang tidak punya kemampuan untuk jadi kaya - karena terlalu malas, tidak tahu apa yang diinginkannya, atau bingung apa bakatnya. Kalau sudah seperti ini, maka kita benar-benar harus bisa berdamai dengan rasa malas itu sendiri. Tanamkan di dalam otak kita bahwa sifat malas itu sama sekali tidak ada gunanya. Sifat malas hanya mengantarkan kita kepada kehancuran. Perlahan lahan, sifat malas itu akan membunuh kita. Sekali kita memelihara sifat malas, maka kita akan cenderung mengang

Berdamai dengan Diri Sendiri, Semua Tak Seburuk yang Kamu Pikirkan

Ada yang bilang bahwa apa yang terjadi di dalam hidup kita, tergantung apa yang kita pikirkan. Jika apa yang kita pikirkan baik, maka bisa dipastikan yang akan terjadi di dalam hidup kita pun yang baik-baik saja. Tapi sebaliknya, jika yang kita pikirkan adalah yang buruk-buruk, maka yang akan terjadi dalam hidup kita pun adalah yang buruk-buruk. Inilah mengapa kita selalu diminta untuk berdamai dengan apa yang kita pikirkan, berdamai dengan diri sendiri dengan tidak terlalu memikirkan hidup ini secara berlebihan. Inilah mengapa sebagian besar dari overthinker atau orang-orang yang berlebihan dalam berpikir di hidupnya, tidak pernah bisa bahagia. Di dalam dunia psikologi, overthinking atau berlebihan dalam berpikir adalah sesuatu yang tidak dianjurkan. Bahkan, overthinking dianggap sebagai perbuatan yang justru merugikan diri sendiri. Bagi kalian yang tidak bisa berdamai dengan diri sendiri dan cenderung overthinking, berikut ini adalah kutipan yang harus kalian tanamkan di

Terapi Jiwa Untuk Sembuhkan Diri Dari Mental Illness

Menjaga kesehatan itu bisa kita lakukan dengan berbagai cara yang sangat komplik. Tidak selamanya, harus selalu dengan menjaga kesehatan badan kita. Memang, mandi dua kali sehari juga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan badan, tapi tidak untuk menjaga kesehatan jiwa kita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jiwa kita seperti selalu bersikap positif, selalu berpikir positif, bergabung dengan orang-orang yang bersikap dan berpikir positif, meditasi dan lain sebagainya. Namun selain cara-cara tadi, ada juga beberapa cara efektif lainnya untuk bisa menyembuhkan diri kita dari penyakit mental. Beberapa cara tersebut, sering kita sebut dengan terapi jiwa. Pertama adalah dengan terapi seni. Siapa bilang seni itu tidak bermanfaat untuk kesehatan jiwa kita? Berkesenian ternyata cukup membantu dalam releasing stress lho. Kita bisa melepaskan berbagai beban yang ada di hati dan pikiran kita melalui kesenian. Seperti misalnya seoran