Langsung ke konten utama

Bahagia Sepanjang Masa dengan Hidup Sederhana (Part: 1)

 


Belakangan ini, banyak sekali orang yang rentan dengan depresi. Mereka merasa bahwa ada banyak tekanan dalam hidup mereka. Seperti misalnya kebutuhan yang berbeda jauh dengan pendapatan mereka, mahalnya biaya pengobatan, dan lain sebagainya. Hanya dengan memikirkan beberapa hal tersebut saja, mereka sudah migrain, hipertensi, bahkan ada juga yang sampai ke tingkat depresi. Menurut kalian, kenapa semua itu bisa terjadi? Kenapa harus ada orang migrain, hipertensi, depresi bahkan hingga ada yang sampai bunuh diri? Betul sekali, karena mereka telah mempersulit hidup mereka sendiri. Mereka lupa bahwa sebenarnya mereka bisa bahagia dan terbebas dari beban hidup jika mereka bisa hidup sederhana.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup sederhana adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan hidup yang sudah lama menjadi tujuan hidup kita itu, bisa dengan mudah terwujud jika kita bisa membuang beban-beban yang selama ini dibawa. Dengan demikian, tidak akan ada lagi istilah pusing, depresi, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberpa tips hidup sederhana;

Pertama, buanglah racun yang ada di dalam hidup ini. Adapun yang dimaksud dengan racun atau toxic di sini banyak sekali. Bisa saja, racun itu berarti pikiran buruk atau pikiran yang membuat kita berpikir negatif. Biasanya, orang akan mudah depresi jika otaknya mengirimkan signal yang buruk juga. Misalnya, dengan berkeyakinan bahwa sesuatu yang buruk pasti terjadi, menganggap sesuatu sulit meskipun hal tersebut belum 100% akan terjadi, dan lain sebagainya. Jika kita ingin hidup sederhana, maka kita harus menjauhkan diri kita dari pikiran-pikiran racun seperti itu.

Racun berikutnya juga bisa berarti orang-orang yang akan membuat kita terlihat buruk. Seperti misalnya bergabung dengan ibu-ibu tukang gosip yang akan membuat kita larut dalam topik yang sedang digosipkan, atau orang yang biasanya cuman bisa mengeluh tentang hidupnya sendiri, selalu merasa dirinya adalah korban, orang yang dirugikan dan semua orang di sekelilingnya itu lebih buruk dari dirinya. Orang-orang semacam itulah yang harus kita jauhi. Jika kita ingin hidup sederhana, maka kita harus mencari orang-orang yang selalu berpikir positif, karena sesuatu yang positif itu akan terasa lebih ringan dan membuat kita merasa lebih rileks dan bahagia.

Kedua, bahagialah sesuai dengan takdir hidupmu sendiri. Hal yang sering membuat kita lupa adalah bahwa nasib semua orang itu berbeda. Tuhan telah menetapkan nasib makhluk-Nya berbeda-beda. Jadi tidak adil rasanya jika kita menuntut diri kita sendiri untuk memiliki kebahagiaan seperti yang orang lain rasakan. Jangan pikirkan orang yang kemana-mana bawa mobil, jangan pikirkan orang-orang yang rumahnya dipenuhi dengan barang-barang mewah dan lain sebagainya. Lagipula, kita tidak pernah tahu bahwa di balik senyuman orang-orang kaya itu, siapa tahu ada beban yang jauh lebih berat dari beban hidup yang kita miliki. Jadi untuk hidup sederhana, kita bisa mewujudkannya dengan bahagia terhadap takdir kita sendiri.

Ketiga, bahagia dengan standar kita sendiri. Setiap orang memiliki standar hidupnya sendiri-sendiri, dan fakta itulah yang harus kita sadari. Sebagai contoh misalnya ketika kita hendak membeli mobil, maka pikirkan terlebih dahulu apakah kita benar-benar membutuhkan mobil tersebut? Jika kita membeli mobil karena harapan orang, maka lebih baik jika kamu tidak membeli mobil tersebut. Misalnya, ada orang yang berkata, “Tahun gini nggak punya mobil?” Jika kamu ingin hidup sederhana, maka janganlah pernah mau didikte oleh orang lain.

Keempat, hargailah hal-hal yang terlihat sederhana. Kapan terakhir kalinya kalian merasa bahagia menikmati makan malam dengan keluarga? Belum tentu lho orang-orang kaya di luar sana bisa merasakan kebahagiaan yang kamu rasakan. Mereka semua sibuk bekerja, sampai tidak ada waktu untuk bertemu dengan keluarganya sendiri. Jika kita bisa hidup sederhana dengan mensyukuri semua kenikmatan yang kita miliki, sekecil apapun itu, maka dijamin kita pasti akan hidup bahagia. 

Untuk mendapatkan tips lainnya seputar hidup sederhana, kalian bisa dapetin di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berdamai Dengan Rasa Malas Untuk Bisa Lebih Produktif

  Sifat malas adalah sebuah batu besar yang bisa menghalangi tujuan seseorang untuk meraih kesuksesan. Inilah mengapa kita harus terus berusaha keras untuk bisa menghilangkan sifat malas. Masalahnya, banyak sekali orang yang suka menyiksa dirinya sendiri, yaitu membuat cita-cita yang tinggi kemudian bermalas-malasan, tidak ada usaha untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Perbuatan yang sedemikian itu sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Seperrti itulah dunia ini sekarang, makin lama makin b anyak juga orang yang tidak punya kemampuan untuk jadi kaya - karena terlalu malas, tidak tahu apa yang diinginkannya, atau bingung apa bakatnya. Kalau sudah seperti ini, maka kita benar-benar harus bisa berdamai dengan rasa malas itu sendiri. Tanamkan di dalam otak kita bahwa sifat malas itu sama sekali tidak ada gunanya. Sifat malas hanya mengantarkan kita kepada kehancuran. Perlahan lahan, sifat malas itu akan membunuh kita. Sekali kita memelihara sifat malas, maka kita akan cenderung mengang

Berdamai dengan Diri Sendiri, Semua Tak Seburuk yang Kamu Pikirkan

Ada yang bilang bahwa apa yang terjadi di dalam hidup kita, tergantung apa yang kita pikirkan. Jika apa yang kita pikirkan baik, maka bisa dipastikan yang akan terjadi di dalam hidup kita pun yang baik-baik saja. Tapi sebaliknya, jika yang kita pikirkan adalah yang buruk-buruk, maka yang akan terjadi dalam hidup kita pun adalah yang buruk-buruk. Inilah mengapa kita selalu diminta untuk berdamai dengan apa yang kita pikirkan, berdamai dengan diri sendiri dengan tidak terlalu memikirkan hidup ini secara berlebihan. Inilah mengapa sebagian besar dari overthinker atau orang-orang yang berlebihan dalam berpikir di hidupnya, tidak pernah bisa bahagia. Di dalam dunia psikologi, overthinking atau berlebihan dalam berpikir adalah sesuatu yang tidak dianjurkan. Bahkan, overthinking dianggap sebagai perbuatan yang justru merugikan diri sendiri. Bagi kalian yang tidak bisa berdamai dengan diri sendiri dan cenderung overthinking, berikut ini adalah kutipan yang harus kalian tanamkan di

Terapi Jiwa Untuk Sembuhkan Diri Dari Mental Illness

Menjaga kesehatan itu bisa kita lakukan dengan berbagai cara yang sangat komplik. Tidak selamanya, harus selalu dengan menjaga kesehatan badan kita. Memang, mandi dua kali sehari juga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan badan, tapi tidak untuk menjaga kesehatan jiwa kita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jiwa kita seperti selalu bersikap positif, selalu berpikir positif, bergabung dengan orang-orang yang bersikap dan berpikir positif, meditasi dan lain sebagainya. Namun selain cara-cara tadi, ada juga beberapa cara efektif lainnya untuk bisa menyembuhkan diri kita dari penyakit mental. Beberapa cara tersebut, sering kita sebut dengan terapi jiwa. Pertama adalah dengan terapi seni. Siapa bilang seni itu tidak bermanfaat untuk kesehatan jiwa kita? Berkesenian ternyata cukup membantu dalam releasing stress lho. Kita bisa melepaskan berbagai beban yang ada di hati dan pikiran kita melalui kesenian. Seperti misalnya seoran