Langsung ke konten utama

Bahagia Sepanjang Masa dengan Hidup Sederhana (Part: 2 - Tamat)



Kelima, luangkanlah waktumu untuk diam.  Maksudnya adalah bahwa adakalanya kita memang harus bisa diam untuk beberapa saat. Di saat suasana hening tersebutlah, kita bisa lebih memahami dan mendalami tentang “apa sih yang sebenarnya kita butuhkan.” Mungkin selama ini kita berpikir bahwa kita butuh A, tapi dalam keheningan tersebut kita bisa berpikir lebih jernih, apakah kita benar-benar membutuhkan A? ataukah, ada hal lain yang sebenarnya kita butuhkan? Keheningan bisa membuat seseorang berpikir lebih jernih, termasuk mengenai bagaimana hidup sederhana yang dia inginkan.

Keenam, Jauhilah perbandingan. Untuk bisa hidup bahagia, maka jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Terima saja apa yang sudah diberikan Tuhan kepada kita, dan jangan pernah terus menerus memikirkan apa yang diterima oleh orang lain. Membayangkan nikmat yang dirasakan oleh orang lain hanya akan membuat kita terus menerus merasa haus, merasa nggak pernah cukup dan lain sebagainya. Janganlah seperti kebanyakan orang yang mengukur kebahagiaan dengan standar uang, karena tidak selamanya uang itu bisa membuat kita bahagia. Kebahagiaan itu tidak selamanya harus dinilai dengan uang, bahkan hanya dengan hidup sederhana saja kamu bisa bahagia.

Ketujuh, katakanlah tidak untuk pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Di masa-masa sulit seperti ini, kita harus super bijak dalam mengatur pengeluaran. Jangan sampai kita membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita perlukan. Jangan terlalu percaya dengan promo, sebagian dari kita pasti membeli barang bukan karena butuh, tapi karena ada promo. Jika kita bisa mengatur keuangan kita, maka cita-cita kita untuk menjalani hidup sederhana pasti terwujud.

Kedelapan, kerjakanlah apa yang kalian sukai. Hidup sederhana artinya bahwa kita bisa melakukan apapun yang kita sukai. Kita tidak hidup di bawah bayangan orang lain, itulah hidup sederhana. Jika kita melakukan sesuatu di bawah bayangan atau tekanan orang lain, maka itu bukan hidup sederhana namanya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa setiap kepala itu pasti memiliki pola pemikiran yang berbeda-beda. Apa yang bagus menurut kita, belum tentu bagus pula untuk orang lain. Nah, proses inilah yang sangat rumit. Jadi bisa dibilang, jika kita bisa mengerti dan menikmati apa yang kita sukai, maka dengan sendirinya kita pasti bisa merasakan kebahagiaan itu.

Kesembilan, berpenampilan sesuai dengan kantong. Banyak dari kita, atau bahkan kita termasuk salah satunya yang suka ingin tampil keren dan berkelas di depan orang lain, tapi sering lupa bahwa budget kita nggak memungkin untuk melakukan semua itu. Di luar sana, ada orang yang rela berhutang hanya karena ingin terlihat keren di mata orang lain. Ada baiknya, jika kita bisa berpenampilan sesuai dengan isi kantong kita. Hidup sederhana itu bukanlah hidup yang rumit. Jika kamu ingin terlihat keren tapi karena hutang, maka itu justru akan menyengsarakan hidupmu sendiri.

Cara untuk hidup sederhana yang terakhir, biasakanlah untuk selalu berpikir positif. Banyak orang yang sering lupa bahwa dengan berpikir positif, maka semuanya akan terlihat dan terasa mudah bagi kita. salah satunya adalah ketika kita dihadapkan dengan suatu masalah yang terlihat berat dan kita yakin bahwa kita sanggup melewati masalah tersebut, maka semua itu akan terasa indah. Berbeda, jika kita sudah khawatir terlebih dahulu. Dengan berpikir positif, maka kita pasti akan bisa mengatasi berbagai masalah yang ada, bisa dengan mudah bangkit dari kegagalan, dan tentunya selalu bersemangat untuk membuat hidupmu menjadi lebih baik.

Demikianlah beberapa tips hidup sederhana yang bisa kita lakukan. Untuk mendapatkan berbagai tips lainnya, kalian bisa klik di sini dan di sini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berdamai Dengan Rasa Malas Untuk Bisa Lebih Produktif

  Sifat malas adalah sebuah batu besar yang bisa menghalangi tujuan seseorang untuk meraih kesuksesan. Inilah mengapa kita harus terus berusaha keras untuk bisa menghilangkan sifat malas. Masalahnya, banyak sekali orang yang suka menyiksa dirinya sendiri, yaitu membuat cita-cita yang tinggi kemudian bermalas-malasan, tidak ada usaha untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Perbuatan yang sedemikian itu sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Seperrti itulah dunia ini sekarang, makin lama makin b anyak juga orang yang tidak punya kemampuan untuk jadi kaya - karena terlalu malas, tidak tahu apa yang diinginkannya, atau bingung apa bakatnya. Kalau sudah seperti ini, maka kita benar-benar harus bisa berdamai dengan rasa malas itu sendiri. Tanamkan di dalam otak kita bahwa sifat malas itu sama sekali tidak ada gunanya. Sifat malas hanya mengantarkan kita kepada kehancuran. Perlahan lahan, sifat malas itu akan membunuh kita. Sekali kita memelihara sifat malas, maka kita akan cenderung mengang

Berdamai dengan Diri Sendiri, Semua Tak Seburuk yang Kamu Pikirkan

Ada yang bilang bahwa apa yang terjadi di dalam hidup kita, tergantung apa yang kita pikirkan. Jika apa yang kita pikirkan baik, maka bisa dipastikan yang akan terjadi di dalam hidup kita pun yang baik-baik saja. Tapi sebaliknya, jika yang kita pikirkan adalah yang buruk-buruk, maka yang akan terjadi dalam hidup kita pun adalah yang buruk-buruk. Inilah mengapa kita selalu diminta untuk berdamai dengan apa yang kita pikirkan, berdamai dengan diri sendiri dengan tidak terlalu memikirkan hidup ini secara berlebihan. Inilah mengapa sebagian besar dari overthinker atau orang-orang yang berlebihan dalam berpikir di hidupnya, tidak pernah bisa bahagia. Di dalam dunia psikologi, overthinking atau berlebihan dalam berpikir adalah sesuatu yang tidak dianjurkan. Bahkan, overthinking dianggap sebagai perbuatan yang justru merugikan diri sendiri. Bagi kalian yang tidak bisa berdamai dengan diri sendiri dan cenderung overthinking, berikut ini adalah kutipan yang harus kalian tanamkan di

Terapi Jiwa Untuk Sembuhkan Diri Dari Mental Illness

Menjaga kesehatan itu bisa kita lakukan dengan berbagai cara yang sangat komplik. Tidak selamanya, harus selalu dengan menjaga kesehatan badan kita. Memang, mandi dua kali sehari juga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan badan, tapi tidak untuk menjaga kesehatan jiwa kita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jiwa kita seperti selalu bersikap positif, selalu berpikir positif, bergabung dengan orang-orang yang bersikap dan berpikir positif, meditasi dan lain sebagainya. Namun selain cara-cara tadi, ada juga beberapa cara efektif lainnya untuk bisa menyembuhkan diri kita dari penyakit mental. Beberapa cara tersebut, sering kita sebut dengan terapi jiwa. Pertama adalah dengan terapi seni. Siapa bilang seni itu tidak bermanfaat untuk kesehatan jiwa kita? Berkesenian ternyata cukup membantu dalam releasing stress lho. Kita bisa melepaskan berbagai beban yang ada di hati dan pikiran kita melalui kesenian. Seperti misalnya seoran